MEMOSISIKAN CENDEKIAWAN DALAM PERSPEKTIF KE-INDONESIAAN-AN

Kondisi Indonesia hari ini bisa kita liat dalam simpang siur berita dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik.  Pada kondisi seperti ini banyak pihak terutama para politikus dan pemegang kekuasaan beramai-ramai membangun pencitraan diri didepan publik. Para seniman dan budayawan yang dulu mampu membangun opini publik lewat karyanya sekarang terlalu sibuk dengan estetika diatas panggung, dan kurang peka dengan realita dibawah panggung, hanya beberapa seniman yang sampai saat ini masih kritis dengan realitas melalui karyanya.

Pertemuan para cendekia dan pemuka agama dengan presidenpun ternyata tidak berimbas dan membekas. Hal ini memperlihatkan posisi para cendekia selama ini hanya sebagai alat para teknokrat dalam membuat dan menjalankan kebijakan-kebijakan yang selama lebih berpihak pada para pemodal yang banyak bermain dilevel kekuasaan.

Kampus yang menjadi basis kaum cendekia saat ini pun dalam kondisi kritis, hal ini dapat dilihat dari beberapa perkembangan wacana dan gerakan mahasiswa di kampus-kampus sekitar kita. Hal ini cukup memprihatikan karena kampus adalah lumbung basis yang menjadi harapan sebagai lahan perkaderan para calon pemimpin masa depan.

Posisi kaum cendekia dalam pergulatan kenegaraan saat ini sudah mulai tersingkirkan, segala permasalah sosial kemasyarakatan dan bahkan keagamaan saat ini selalu diselesaikan dengan kekerasan tanpa adanya sikap yang tegas dari pemerintah. Penyelesaian permasalahan berdasarkan data ataupun penelitian masih jauh dari harapan, yang tersediapun tidak disikapi serius oleh pihak yang berwenang.

Dalam situasi seperti ini kita mempunyai pertanyaan, dimana posisi dan peran kaum cendekia dan budayawan dalam pergulatan kenegaraan diantara kekuaasaan dan modal? Dan bagaimana perkembangan pergerakan kaum muda dikampus yang saat ini sudah tidak terlihat sebuah integritas visi, misi bersama dalam membangun Indonesia? Generasi tersadarkan wajib menjawabnya.

Perihal Husni
Deputy Research Solo Institute-Indonesia || Kader Himpunan Mahasiswa Islam || solo-institute.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: